-->

Cara Membuat Text Long Shadow di Android

Halooo, Bagaimana kabarnya kawan-kawan saat ini ?, Kembali lagi di konten tutorial android. Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan tutorial cara membuat text long shadow di android. Untuk kalian yang belum tahu apa itu long shadow?, Long Shadow adalah bayangan yang berada di belakang text atau objek yang seolah-olah seperti 3D.




Pada tutorial kali ini saya kembali menggunakan aplikasi PixelLab. Untuk tutorial kali ini hampir sama dengan tutorial yang "Cara membuat foto effect 3D di android", tutorial ini cukup menambahkan bayangan yang seolah olah seperti 3D. Yang belum mempunyai aplikasi pixellabnya kalian bisa download terlebih dahulu.
Simak Tutorialnya ya..

Aplikasi PixelLab | Download


1. Buka aplikasi PixelLab yang sudah kalian download.

2. Tahap selanjutnya kita akan mengedit textnya terlebih dahulu, caranya, Klik Icon Berhuruf A, lalu pilih Icon Pensil yang ada tulisan Edit.


3. Lalu ketik text yang yang akan kalian edit, saya sarankan pakai huruf besar semua agar lebih bagus, disini saya mengetikkan kata "SIMP". Setelah kalian selesai mengetik textnya lalu klik OK.


4. Selanjutnya kita akan mengatur ukuran gambarnya caranya Klik Icon tiga titik di bagian pojok kanan atas. Lalu klik Image Size.




5. klik Icon segitiga terbalik, setelah kalian klik icon tersebut akan muncul banyak pilihan ukuran gambarnya.
• Custom
• Square
• Profil Picture ( Square )
• Youtube Channel Banner
• Youtube Banner
• Facebook Cover Art
• Google Plus Cover Photo
• Twitter Header Plus
Pilih sesuai kebutuhan kalian, kali ini saya menggunakan ukuran untuk "Youtube Channel Banner" , setelah kalian pilih klik OKE.




6. Masih di Menu yang ber-icon A, kali ini kita akan mengatur ukuran textnya, caranya, kalian cari icon berhurur T bertuliskan Size.



7. Kalian atur sizenya sesuai selera kalian, disini saya menggunakan size 175, setelah kalian atur sizenya, klik icon ceklis.


8. Kali ini kita akan mengatur posisi textnya agar berada di tengah-tengah, caranya kalian klik icon A, lalu pilih menu relative position.


9. Setelah masuk ke menu relative position, kalian klik yang saya beri angka 1, selanjutnya klik yang saya beri angka 2, sesudah itu klik icon ceklis.


10. Masih di Menu ber-icon huruf A, kalian cari menu font, lalu kalian klik Fonts, selanjutnya pilih font nevis.



11. setelah mengatur fontnya, kita akan mengganti backgroudnya, caranya klik icon layer, selanjutnya klik color yang ber-icon ember cat, setelah kalian klik akan ada dua pilihan warna, Color dan Gradient, disini saya menggunakan yang Gradient. Setelah kalian pilih warnanya, lalu klik icon ceklis.


12. langkah selanjutnya, kalian klik icon ber-huruf A, lalu pilih copy. Setalah kalian copy, klik text yang berada di tengah, atau yang saya beri tanda warna merah.



13. Masih berada di menu yang berhuruf A, Kalian cari 3d text, setelah kalia klik lalu di-enable kan terlebih dahulu. Lalu untuk view type kalian pilih OBLIQUE.



14. Atur depthnya 100, lalu atur depth colornya menjadi warna hitam. Atur darkennya 100%, lalu atur oblique angelnya 298 derajat dan juga bisa kalian atur oblique angelnya sesuai selera kalian. setelah kalian atur klik icon ceklis.





15. Setalah itu, kalian klik background yang saya beri warna hijau, agar bisa menambahkan bentuk, jika tidak di klik di bagian background yang kosong, kalian tidak bisa menambahka shapes atau bentuk, selanjutnya kalian klik menu yang berada di tengah-tengah, selanjutnya pilih menu shapes.


16. Lalu kalian pilih shapes atau bentuk terserah kalian, atur shapes atau bentuknya tepat di tengah-tengah text yang tadi kalian tambahkan shadow, kalian atur opacitynya sampai 0%, setelah itu klik icon ceklis.



17. Klik icon layer yang berada di atas, setelah kalian klik, akan muncul beberapa bagian yang tadi kalian edit, yang berada di atas adalah shapes atau bentuk yang kalian tambahkan, dan ada dua text yang bernama sama, lalu pilih pilih icon yang ada ceklis dan silangnya. Pilih text yang ada shadownya, untuk mestikannya kalian klik salah satu, setelah ketemu text yang ada shadownya, kalian beri tanda ceklis dan beri tanda ceklis juga yang shapes atau bentuk yang berada di atas. Lalu klik merge atau gabungkan ( yang sudah saya beri tanda panah ). lalu akan muncul menu perintah, kalian pilih saja OKE.Lalu klik icon layer yang berada di bagian atas.






18. Kalian klik text yang ada shadownya, selanjutnya klik icon seperi segi lima, lalu klik menu opacity, lalu turunkan opacitynya disini saya mengaturnya 50%, ataur sesui selera kalian. Setelah kalian atur, klik icon ceklis.



19. Lalu kalian klik text yang tidak ada shadownya, lalu pilih menu yang ber-icon huruf A, pilih to front, pindahkan textnya berada tepat di depan text yang ada shadownya, agar bisa tertutupi.



20. Selanjutnya kita akan simpan, caranya klik icon save, lalu pilih save as image, untuk dimensions pilih ultra, lalu pilih save to gallery.






Demikian tutorial kali ini tentang cara membuat text long shadow di android menggunakan aplikasi PixelLab. Cukup mudah bukan, untuk kalian yang kurang jelas atau ingin bertanya komen saja di bawah. Maaf jika ada kesalahan maupun kekurangan kata dan tutorialnya cukup panjang. Selamat Mencoba Guys!, sampai jumpa di tutorial selanjutnya. Jangan lupa share.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Membuat Text Long Shadow di Android"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel