-->

Cara Mengedit Foto di VSCO ala Selebgram yang Bikin Kamu Makin Kece

 

Cara Mengedit Foto di VSCO ala Selebgram yang Bikin Kamu Makin Kece

Smartphone kini hadir dengan beragam fitur baik hardware maupun softwarenya. Hal yang paling menjadi incaran saat ini adalah kualitas kamera depan dan belakang. Apalagi sejak Instagram muncul, semakin banyak orang mulai mencari cara mengedit foto di VSCO ala Selebgram.


Apa itu VSCO?

Bagi anak muda yang ingin eksis, aplikasi edit foto sejenis VSCO memang tidak asing. Platform ini dibuat dengan beragam fitur canggih di dalamnya, layaknya menaruh DSLR dalam smartphone Kamu. Selain itu, ada pula beragam filter menarik yang menjadi senjata utamanya.

Filter-filter inilah yang memperlihatkan kesan hidup pada foto dan seakan memberikan nyawa dalam gambar tersebut. Ada lebih dari 130 buah lebih preset di dalamnya serta cara mengaturnya pun lumayan mudah. Dimana kreatifitas Kamu benar-benar diuji di sini demi didapatkannya hasil paling menarik.

Ada pula fitur lain yang membuat foto lebih dramatis selain menggunakan filter-filter tersebut. Dengan bermain exposure, kontras, saturasi, white balance dan lain sebagainya, Kamu bisa mendapatkan foto kualitas tinggi dan autentik mirip para Selebgram.

Bagaimana Cara Menjalankan Aplikasi VSCO?

Sekarang, Kamu bisa secara mudah mendapatkan beragam fitur tersebut dalam ponsel dan membuat foto-foto semakin estetik untuk dipasang di media sosial. Cukup download VSCO dari PlayStore atau AppStore. Setelahnya, jalankan sesuai petunjuk di bawah:

Daftar VSCO. Setelah terinstall di ponsel Kamu, segera buka VSCO. Sekilas, akan diperlihatkan fitur-fitur dalam aplikasi tersebut. Skip saja kalau mau, lalu langsung daftar menggunakan akun Facebook, Gmail ataupun nomor ponsel. Caranya pun masih sama seperti platform lainnya.

Masuk ke Menu Edit. Setelah terdaftar ke aplikasi tersebut, buka menu Studio di bagian bawah. Tekan simbol kamera agar dapat mengambil gambar atau langsung saja klik (+) supaya bisa memasukkan foto dari galeri ke VSCO untuk diedit.

Mengedit dengan Berbagai Filter

Setelah masuk ke menu edit, Kamu bisa bermain-main dengan semua filter dan beberapa tambahan pengaturan di dalamnya. Lakukan sekreatif mungkin, hingga menemukan komposisi yang pas. Bila masih bingung, dapat mengikuti langkah-langkah di bawah ini:

1.              Edit dengan Filter J1 Green

Filter yang satu ini bisa Kamu pakai untuk memberikan efek hijau dramatis pada foto, sehingga terkesan begitu hidup. Cocok sekali kalau latar belakangnya sedang di area hutan maupun pantai. Pengaplikasiannya pun sedikit challenging, tapi sepadan dengan hasilnya.

Pertama, siapkan dulu foto yang akan di edit. Pilih filter J1 pada bagian bawah VSCO. Setelah itu, atur exposure ke -3.0. Naikkan kontras +0.5, lanjutkan dengan menurunkan saturasi -1.0. Selesai dengan ini, sekarang beralih ke pengaturan warnanya.

Masuk pada menu Rona, Kamu akan menemukan Sorotan. Naikkan menjadi +1.5 dan bayangan ditambah +2.5. Setelah itu, white balance diatur dengan temperatur -2.0 serta warna -0.5. Tambahkan komposisi pada skin colour jadi +2.0, vignette +8.0, lalu pudarkan sedikit ke +1.5.

2.              Edit dengan Filter J1 Black

Masih dengan filter J1, namun sekarang memakai warna hitam (Black). Dengang menggunakan preset ini, akan menambah kesan dramatis di background menjadi lebih estetik seperti foto jaman dulu. Sedangkan, warna dari objek hanya akan diredupkan sedikit.

Langkah-langkahnya tidak jauh berbeda dengan yang di atas. Pilih filter J1 pada bagian bawah aplikasi, lalu aturlah memakai exposeure +3.0, kontras dinaikkan ke +2.5 dan saturasi diturunkan menjadi -1.5. Perbedaaannya ada di sini yaitu tambahkan sharpness pada angka +4.0.

Untuk menu Rona, sorotan tetap pada posisi normal 0.0, lalu naikkan bayangan +6.0. White balance diatur dengan menurunkan temperatur dan warna -3.0. Sedangkan skin colour diubah jadi +2.0. Tambahkan vignette +4.0 serta pudarkan menjadi +5.0.

3.              Edit dengan Filter U3

Bagi anak estetik yang seringkali bermain dengan warna dalam foto, mungkin filter ini cocok digunakan dalam gambar Kamu. Kesan dalam tampilannya memainkan grain atau bintik-bintik kecil sehingga memberikan tekstur kasar. Banyak sekali Selebgram yang memakai preset U3.

Caranya pun cukup mudah. Pilih filter U3 pada bagian bawah, lalu mulai atur dengan pengurangan exposure -2.0, menambahkan kontras +1.5 serta menurunkan saturasi ke -0.5. Selesai dengan semua itu, sekarang berpindah ke warna.

Pada menu Rona, normalkan tingkat sorotan ke 0.0 dan naikkan bayangan menjadi +5.0. Untuk white balance, cobalah bermain menggunakan temperature -2.5 serta warna netral. Sedangkan pada bagian skin colour +1.5, vignette +12.0, grain (bintik-bintik) +4.0 serta pudar +8.0.

4.               Edit dengan Filter T2

Bagi penikmat nuansa hangat, mungkin filter ini bisa dijadikan salah satu Kamulan. Efek yang dihasilkan dari sini adalah gambar sedikit pudar dengan dominan warna coklat hangat. Kebanyakan Selebgram menggunakannya agar memberi kesan melow pada postingan mereka.

Cara mengedit foto di VSCO ala Selebgram dengan filter ini pun cukup mudah karena warna asalnya sendiri sudah hangat. Kamu cukup merubah pengaturan pada exposure dinaikkan ke +5.0, kontras ditambahkan menjadi +1.5, sementara shrapness diberi +4.0.

Adapun selanjutnya, Kamu harus mengatur saturasi untuk ketajaman warna. Namun di sini, hal tersebut diturunkan agar memberi kesan berkabut. Posisikan pada -2.0 atau agak turun lagi kalau ingin nuansanya putih. Sementara itu, pudarkan pula dengan memberi angka +4.5.

5.              Edit dengan Filter H3

Merah muda biasanya begitu identik dengan perempuan. Kalau Kamu tertarik dengan nuansa warna feminim pada foto, maka bisa menggunakan filter H3 yang memberi kesan pink dalam gambar dengan efek gambar lebih halus dan tidak terlalu mencolok.

Langkah-langkahnya pun cukup mudah. Pilih filter H3 pada bagian bawah VSCO. Setelah itu, atur beberapa pengaturan di dalamnya, seperti exposure dan kontras diturunkan menjadi -1.5. Setelah itu pertajam ke angka +2.0 serta kurangi saturasi -1.0.

Untuk menu white balance, cobalah mengatur temperatur ke angka -1.5 serta tambah warnanya jadi +6.0. skin colour dinaikkan menjadi +1.5. Lalu, berikan vignette serta pudarkan lebih banyak agar efek yang dihasilkan smooth yaitu +6.5.

6.              Edit dengan Filter AL6

Bagi yang menginginkan hasil foto seperti jepretan langsung kamera DSLR, filter ini boleh dicoba pada setiap gambar Kamu karena warna yang dihasilkan begitu tajam. Serta, kesan biru lebih dominan di sini dan cocok sekali dengan background langit maupun lautan.

Untuk menghasilkan gambar tajam seperti itu, sangat mudah. Pilih saja filter AL6 pada bagian bawah aplikasi, lalu atur beberapa pengaturannya. Karena warna asal sudah biru, sekarang tinggal mengatur exposure, kontras, saturasi dan lainnya.

Berikan exposure dan saturasi -1.0 lalu turunkan kontras ke angka -2.0. Pada menu white balance atur temperatur menjadi -0.5, serta warna +1.5. Untuk vignette atur menjadi sedikit redup agar kesannya lebih dramatis dengan menaikkannya jadi +7.0.

Cara mengedit foto di VSCO ala Selebgram mungkin bisa menguras sedikit tenaga Kamu karena dibutuhkan ketelitian, kesabaran serta kratifitas saat bereksperimen menggunakan segala fitur di dalamnya. Agar menghasilkan gambar-gambar menarik sebagai feed instagram. Selamat mencoba!

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Mengedit Foto di VSCO ala Selebgram yang Bikin Kamu Makin Kece"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel