-->

Komputer Terapan Bab 1 Kelas XI

Sistem Komputer Minimal

× Bagan Komputer Minimal.


•Konsep awal terciptanya komputer adalah sebagai alat hitung. Istilah komputer diambil dari bahasa latin computare yang artinya menghitung, jika dalam bahasa inggris to compute, yang artinya juga sama yaitu menghitung.
•Secara umum komputer dapat diartikan sebagai alat elektronika yang bekerja secara koordinasi dan integrasi berdasarkan program, dapat menerima masukan berupa data yang diproses di dalam suatu sistem dan dikeluarkan dalam bentuk informasi.

× I/O Port.
•Bagian ini digunakan untuk menerima ataupun mengirim data ke luar sistem. Peralatan input dan output di atas terhubung melalui port ini.

* Data Bus.
× Adalah jalur-jalur perpindahan antara modul dalam sistem komputer. Karena pada suatu saat tertentu masing-masing saluran hanya dapat membawa 1 bit data, maka jumlah saluran menentukan jumlah bit yang dapat di transfer pada suatu saat. Lebar data bus ini menentukan kinerja sistem secara keseluruhan. Sifatnya berdirectorial, artinya CPU dapat membaca dan menerima data melalui data bus ini. Data bus biasanya terdiri dari 8, 16, 32 atau 64 jalur pararel.

× Address Bus.
•Digunakan untuk menandakan lokasi sumber atau tujuan pada proses transfer data. Pada jalur ini, CPU akan mengirim alamat yang akan ditulis atau dibaca. Address Bus ini biasanya terdiri atas 16, 20, 24 atau 32 jalur pararel.

× Control Bus.
•Digunakan untuk mengontrol penggunaan serta akses ke Data Bus dan Address Bus. Terdiri atas 4 sampai 10 jalur pararel.

× Fungsi Bagian-Bagian Sistem Komputer Minimal.
a. Pemrosesan (Processor).
berfungsi mengendalikan oprasi komputer dan melakukan fungsi pemrosesan data.
b. Memori Utama.
berfungsi menyimpan data dan program.
biasanya volatile tidak dapat mempertahankan data dan program yang disimpan bila sumber daya energi ( listrik ) dihentikan.
c. Perangkat Masukan dan Keluaran.
berfungsi memindahkan data antara komputer dan lingkungan eksternal yaitu : perangkat peyimpanan sekunder, perangkat komunikasi, terminal, dsb.
d. Interkoneksi Antarkomponen ( bus ).
adalah struktur dan mekanisme untuk menghubungkan pemrosesan, memori utama, dan perangkat masukan atau keluaran.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Komputer Terapan Bab 1 Kelas XI"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel