-->

Simulasi Digital Kelas X ( Fungsi, Instalasi, dan Fitur Software)




Fungsi, Instalasi, dan Fitur Software.

1. Pengenalan Blender & instalasi.
Blender adalah suatu grafis yang ditulis sebagai perangkat lunak bebas ( open source ) dibawah GNU ( General Public License ). Blender dapat digunakan untuk modeling, UU, unwraping, texturing.
Blender tersedia untuk sejumlah OS antara lain linux, Mac OS X, dan Microsoft Windows.
• GNU adalah GNU'S Not Unix ( Linux ).
• Modeling adalah perataan texture.
• Texturing adalah proses pemberian tulang pada objek.
• Urater Simulation adalah animasi dengan objek air ( fluid ).
• Skinning adalah proses pengulitan objek.
• Animating adalah proses menganimasikan.
• Rendering adalah proses pengubahan objek geometri menjadi mage.
• Partice merupakan animasi objek untuk zat cair, gas, api.
• Simulation adalah animasi berbasis simulasi.
• Rigid Body adalah perulangan objek manusia.
• Fluid adalah animasi efek zat cair.
• Cloth merupakan animasi lipatan kain.
• Compositing adalah fitur komposisi video.
• Modifter Based Modeling Tools adalah fitur untuk memodifikasi modeling menjadi lebih nyata.
• Phyton adalah bahasa pemograman blender.
• Powerfull Character Animasi Tools adalah fitur pelengkapan pemodelan berbasis karakter animasi.
• Scripting adalah proses pemberian coding bahasa pemograman.

2. Pengertian Fitur Blender.
× Head : Menu utama blender yang terdiri atas file, add, reader, dan help.
× Viewport : Tampilan yang terdiri atas objek lainnya.
× Tollbar : Terdiri atas daftar tools yang memiliki sifat dinamic menurut objeknya.
× Outline : Struktur data dari objek pada blender.
× Propertis : Panel yang membuat berbagai macam perintah untuk memodifikasi objek atau animasi dan bersifat dinamis mengikuti objek atau tools yang sedang aktif.
× Timeline : Instruktur yang terkait dengan frame animasi atau untuk sequencer.
• Blender adalah aplikasi grafis 3D yang ditulis sebagai perangkat lunak berbasis ( Open Source ) dibawah GNU.
• Blender merupakan software yang free ( Open Source ) dan berbasis dikembangkan.
• Untuk menggunakan windows, anda dimintan untuk melihat tipe OS 32 bit atau 64 bit sebelum melakukan instalasi .
• Aplikasi untuk instalasi blender tersedia dalam OS Windows, Mac OS dan Linux.
• Untuk mendapatkan software blender bisa diunduh melalui software resmi blender www.Blender.org .
• Dalam menggunakan software terdapat shortcut yang berfungsi untuk memudahkan pemanggilan fitur.

3. Navigasi, Basic, Manipulatio, Mave, and Selection.
• Sumbu X adalah sumbu posisi horizontal atau sumbu yang berfungsi untuk menggeser objek ke arah kanan dan kiri.
• Jendela Kerja " View " berfungsi untuk memanggil perintah jendela yang diinginkan, antara lain camera view.
• Menegakka  objek atau memposisikan objek dapat dilakukan dengan memasukan angka derajat seperti yang dikehendaki.
• Sumbu y sumbu horizontal yang berfungsi untuk menggeser objek ke atas dan kebawah.

4. Modeling, Enviroment, and Render Still.
• Fitur utama yang dikenalkan dalam latihan modeling adalah editing, model, vertex, edo, face, dan extrude.
• Tampilan Blender secara default adalah cube, camera, lamp, dan cursor.
• Fungsi shortcut face untuk mengatur permukaan objek Edge untuk mengatur garis objek. Vertex mengatur titik sudut objek.
• Render Still merupakan transportasi gambar dari objek hasio modeling menjadi gambar jadi.
• Extrude adalah proses penarikan pada objek terseleksi.
5. Subdivision surface, Bevel, dan Solidfy Text 3D.
• Fitur untuk membuat model menjadi lebih halus yaitu dengan fitur Subdivision Surface.
• Teknik Bevel dipakai untuk menghaluskan sudut objek yang sebelumnya kasar menjadi halus.
• Efek Solidify merupakan fitur untuk menambahkan tegasan text agar mempunyai volume.
• Texturing adalah proses menentukan karakteristik materi disebuah objek yang akan tampak pada permukaan objek tersebut.
• Riging adalah proses pengulangan yang tersusun dari beberapa kerangka yang saling berhubungan.
• Posemode berguna untuk menganimasikan kerangka.
• Camera Angel adalah sudut pengambilan gambar suatu objek.
Camera Angel menentukan wilayah dan titik pandang yang direkam oleh kamera.

6. Menganimasikan Objek.
• Animasi pada simulasi visual adalah animasi yang meliputi pemindahan operasi objek dan menganimasikan kamera animation.
• Menganimasikan adalah proses menggerakkan objek yang telah dibuat sesui dengan storyboard.

7. Camera Animation.
• Camera Animation atau animasi kamera adalah sebuat teknik animasi yang menggerakkan kamera,  teknik ini juga sering digunakan dalam membuat animasi agar terlihat lebih dinamis.
• Terdapat beberapa jenis animasi kamera yaitu mode panning camera, coming camera dan gerakan kamera lainnya.

8. Rendering Sequence.
• Rendering Sequence merupakan suatu proses pengikatan gerakan objek dalam gambar berurutan.
• Rendering Sequence umumnya disimpan dalam format extensi png yang artinya latar belakangnya gambar akan transparan.
• Anda dapat menggunakan format extensi targa namun file setiap gambar atau frame akan lebih besar.

9. Editing, Mixing, dan Rendering Akhir.
• Editing adalah menggabungakan dan mengordinasikan shot demi shot menjadi keseluruhan sinematik yang utuh.
• Dalam editing anda dapat menggabungkan seluruh cut atau adegan menjadi satu kesatuan video.
• Fitur editing dalam blender dapat menggabungkan video, transisi, dan suara.

maaf jika ada kesalahan maupun kekurangan kata.🙏

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Simulasi Digital Kelas X ( Fungsi, Instalasi, dan Fitur Software)"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel