-->

Materi Sistem Komputer Kelas XI ( BAB 1 ).

BAB 1

Sistem Input Proses Output







Sistem Input Proses Output

       Semua konputer mengalami operasi pengolahan data dengan tahapan dasar yang terdiri atas masukan (input) - proses (procesing) - keluaran (output). Tahapan masukan adalah ketika memasukan informasi ke sistem komputer. Tahap tersebut dapat di gambar sebagai berikut


Tahap pemrosesan adalah peristiwa pemrosesan informasi adapun tahap keluaran dalah peristiwa menampilkan hasil.
3 tahap dasar pengolahan data tersebut dapat dikembangakan (exspendent data procesing cycle) dapat ditambahkan juga atau lebih tahapan lagi yaitu organisasi, storage, distribution.



Keterangan :

  1. Organitation : Tahap ini berhubungan dengan proses pengumpulan atau yang biasanya merupakan proses pencatatan ( recording) data ke dokumen dasar.
  2. Input : Tahap ini merupakan proses memasukan data kedalam proses komputer lewat data input ( input device ).
  3. Processing : Tahap ini merupakan proses pengolahan data yang sudah dimasukan melalui data pemprosesan.
  4. Output : Tahap ini merupakan proses dari distribution output kepada pihak yang berhak dan membutuhkan informasi.
  5. Storage : Tahap ini merupakan proses perekaman hasil pengolahan ke simpanan luar (storage).


A.  Unit Masukan ( Unit Input ).
         Unit Input adalah bagian dari sistem komputer yang digunakan untuk menerima data. Input data dapat berupa signal input atau maintance input. Dalam sistem komputer signal input adalah data yang dimasukkan ke sistem komputer sedangkan maintance input adalah program yang digunakan untuk mengolah data yang dimasukan.
         Berdasarkan cara pemrosesan data, Unit Masukan terbagi menjadi alat input langsung dan alat input tidak langsung.

1. Alat Input Langsung.
       Alat input langsung berfungsi untuk memasukan data kedalam sistem komputer dan langsung diproses secara langsung oleh CPU.
Alat Input langsung dapat digolongkan kedalam beberapa kategori yaitu Keyboard, Pointing Device, Scanner dan Sensor.
2. Alat Input Tidak Langsung.
       Alat input tidak langsung berfungsi unutk memasukan data. Tetapi data yang dimasukkan tidak langsung di proses oleh CPU, melainkan direkam terlebih dahulu ke suatu media. Machine Readble From ( Bentuk yang hanya bisa dibaca oleh Komouter ). Yang berbentuk simparan luar. Contoh alat input tidak langsung Key-to-card, Key-to-tape, Key-to-disk.


Rangkuman

       Sistem Komputer dalam memiliki tiga komponen utama, yaitu : CPU, memori ( primer dan sekunder ), dan peralatan I/O seperti printer, monitor, keyboard, mouse dan modem. Modul I/O tidak hanya sekedar modul penghubung, tetapi sebuah piranti yang berisi logika dalam melakukan fungsi komunikasi antara peripheral dan bus komputer.
        Alasan kenapa piranti tidak langsung dihubungkan dengan bus komputer, yaitu: bervariasinya metode operasi piranti peripheral ; kecepatan transfer data lebih lambat dari pada laju transfer data ; format dan panjang data seringkali berbeda dengan CPU.


1. Sistem Masukan (Input).

        Sistem Input adalah suatu jaringan yang bekerja sama dan saling berhubungan untuk memasukkan data ke sistem komputer yang akan diolah oleh suatu program tertentu melalui sebuah perangkat masukan. ( Input Device ) perangkat masukan ( Input Device ) merupakan peralatan yang digunakan untuk menerima data yang akan diolah ke dalam komputer. Prinsip kerja perangkat input adalah mengubah perintah dalam bentuk yang di pahami oleh manusia kepada data berupa kode-kode biner ( Binary Encoded Informasi ) yang dimengerti oleh komputer.

2. Fungsi masukan ( input ) antara lain :
  • Kontrol dan pewaktuan ( control & timing ).
  • Komunikasi CPU.
  • Kompunikasi perangkat eksternal.
  • Pembuffer-an data.
Fungsi masukan / alat input menurut jogiyanto adalah untuk memasukan data kedalam sistem komputer, memasukan program kedalam sistem komputer, sebagai alat input sendiri dan sebagai alat input unutk menampilkan hasil ( alat I/O demikian disebut dengan terminal ). Terminal dapat digolongkan sebagai 
berikut :
a). Non Intelligent Terminal ( Dumb Terminal ).
b). Smart Terminal.
c). Intelligent Terminal ( Logic Terminal atau Programmable Terminal ).

3. Struktur Masukan ( Input ), berupa :
a). Interupsi Input, Untuk memulai operasi input.
b). DMA ( Direct Memory Access ), yaitu metode penangan input.
c). Perbedaan dalam penangan interupsi.

TUGAS !!!
1.    Jelaskan mengapa piranti – piranti tidak langsung dihubungkan dengan bus sistem  komputer?
Jawab :
Bervariasinya metode operasi piranti peripheral, sehingga tidak praktis apabila sistem komputer harus menangani berbagai macam sistem operasi piranti peripheral tersebut.
a)    Kecepatan transfer data piranti peripheral umumnya lebih lambat dari pada laju transfer data pada CPU maupun memori.
b)    Format data dan panjang data pada piranti peripheral seringkali berbeda dengan CPU, sehingga perlu modul untuk menselaraskan.
2.    Jelaskan apa yang dimaksud dengan sistem input!
Jawab :
Sistem input adalah suatu jaringan yang bekerja sama dan saling berhubungan untuk memasukkan data ke dalam sistem komputer yang akan diolah oleh suatu program tertentu melalui sebuah perangkat masukkan (input device). 
3.    Sebutkan fungsi masukkan!
Jawab:
Fungsi Masukkan (Input), antara lain:
(a) Kontrol dan pewaktuan (control & timing).
(b) Komunikasi CPU.
(c) Komunikasi perangkat eksternal.
(d) Pem-buffer-an data. 
4.    Tujuan utama buffering adalah untuk?
Jawab:
Tujuan utama buffering adalah mendapatkan penyesuaian data sehubungan perbedaan laju transfer data dari perangkat peripheral dengan kecepatan pengolahan pada CPU. Umumnya laju transfer data dari perangkat peripheral lebih lambat dari kecepatan CPU maupun media penyimpan.
5.    Direct Memory Access (DMA) adalah?
Jawab:
          Direct Memory Access (DMA) merupakan suatu metode penanganan input dimana device controller
          langsung berhubungan dengan memori tanpa campur tangan CPU.


1. Unit Masukan ( Input Input ).

        Unit input adalah bagian dari sistem komputer yang digunakan unutk menerima data.
Berdasarkan cara pemrosesan data, unit masukan dibagi menjadi dua :

1. Alat Input Langsung.
       Alat input langsung berfungsi untuk memasukan data kedalam sistem komputer dan langsung diproses secara langsung oleh CPU.
Alat Input langsung dapat digolongkan kedalam beberapa kategori yaitu Keyboard, Pointing Device, Scanner dan Sensor.
2. Alat Input Tidak LAngsung.
       Alat input tidak langsung berfungsi unutk memasukan data. Tetapi data yang dimasukkan tidak langsung di proses oleh CPU, melainkan direkam terlebih dahulu ke suatu media. Machine Readble From ( Bentuk yang hanya bisa dibaca oleh Komouter ). Yang berbentuk simparan luar. Contoh alat input tidak langsung Key-to-card, Key-to-tape, Key-to-disk.

2. Unit Pemrosesan ( Procesing Unit ).

       Ada;ah bagian yang bertugas mengolah data yang sudah dalam bentuk intruksi-intruksi program yang telah dimasukan melalui alat output. Unit pemrosesan terdiri atas CPU dan main memory.
  • CPU (Central Procesing Unit). terdiri dari ALU berfungsi unutk perhitungan aritmatika, logika, unit. CU, nutk mengontrol program yang ada dalam komputer.
 Ada 3 macam memori yang digunakan dalam sistem komputer :

1. Register : digunakan untuk menyimpan intruksi dan data yang sedang diproses.
2. Main Memory : digunakan untuk menyimpan instruksi dan data serta menyimpan dari hasil pengolahan.
3. Eksternal Memory : digunakan untuk menyimpan program dan data permanen.

  • Main Memory.
          Main memori terdiri dari RAM dan ROM.
* RAM ( Random Access Memory ) struktur RAM dibagi menjadi 4 bagian :
1. Input Storage: Digunakan untuk menampung input yang dimasukkan melalui alat input.
2. Program Storage: Digunakan untuk menyimpan semua instruksi-instruksi program yang akan diakses.
3. Working Storage: Digunakan untuk menyimpan data yang akan diolah dan hasil pengolahan.
4. Output Storage: Digunakan untuk menampung hasil akhir dari pengolahan data yang akan 
    ditampilkan ke alat output.

* ROM ( Read Only Memory ) Jenis memori yang hanya bisa dibaca.
   artinya program / data yang disimpan di dalam ROM ini tidak mudah hilang atau berubah walau aliran listrik di matikan. 
Jenis-Jenis ROM :
1. Mask ROM
Mask ROM adalah ROM yang tidak bisa ditulis ulang (non-flashable) sehingga tidak dapat di up-grade.
2. PROM (Programmable Read-Only Memory)
PROM merupakan sebuah chip memory yang hanya dapat diisi data satu kali saja. Sekali saja program dimasukkan ke dalam sebuah PROM, maka program tersebut akan berada pada PROM seterusnya.
3. EPROM (Erasable Programmable Read-Only Memory)
EPROM (Erasable Programmable Read Only Memory) adalah sebuah ROM yang dapat diprogram ulang dan dihapus.
4. EEPROM (Electrically Erasable Programmable Read-Only Memory)
EEPROM adalah tipe khusus dari PROM (Programmable Read-Only Memory) yang bisa dihapus dengan memakai perintah elektris.
3. Unit Keluaran ( Unit Output ).
       Output yang dihasilakn dari hasil pengolahan data dapat berbentuk :
    1. Tulisan.
    2. Image.
    3. Suara.
    4. Bentuk yang hanya dibaca oleh mesin. Contoh : CD.

Alat Output dapat berbentuk :
1. Hard Copy Device ( printer, ploter, computer Output to micro film ).
2. Soft Copy Device ( video display, flat panel display, speaker ).
3. Drive Device ( Disk Drive dan Tape Drive ).

Input Output
  Dalam arsitektur sistem komputer unit masukan dan unit keluaran dianggap menjadi satu sistem kesatuan yaitu input / output atau I/O.
Perangkat I/O menjadi 2 kategori yaitu :
1. Perangkat blog yaitu perangkat yang menyimpan informasi dalam blok-blok berukuran tertentu
    contoh : disk.
2. Perangkat karakter yaitu perangkat yang mengirim dan menerima sebarisan karakter tanpa 
    menghiraukan struktur blok, contoh : printer, network interfaces.



Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Materi Sistem Komputer Kelas XI ( BAB 1 )."

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel